ILMU
PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI
TUGAS LANDASAN ILMU PENDIDIKAN
DISUSUN OLEH :
MUALIM (3115153587)
YUNI SEPTIANA (3115154537)
PRODI :
PENDIDIKAN MATEMATIKA C 2015
FAKULTAS:
MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA
KATA PENGANTAR
Puji syukur kami
panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena dengan rahmat, karunia, serta
taufik dan hidayah-Nya kami dapat menyelesaikan makalah mengenai Ilmu
Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) ini dengan baik meskipun banyak kekurangan
didalamnya. Dan juga kami berterima kasih pada Bapak Cecep Kustandi selaku
dosen mata kuliah Ilmu Pendidikan yang telah memberikan tugas ini kepada kami
sehingga pengetahuan kami bertambah.
Kami sangat berharap makalah ini dapat berguna dalam rangka menambah wawasan serta pengetahuan kami mengenai isi mengenai Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK). Semoga makalah sederhana ini dapat dipahami bagi siapapun yang membacanya. Sekiranya makalah yang telah disusun ini dapat berguna bagi kami sebagai penulis maupun orang yang membacanya.
Jakarta, 03 November
2015
Penulis
i
DAFTAR
ISI
KATA PENGANTAR
.....................................................................................
i
DAFTAR ISI
....................................................................................................
ii
BAB
1 PENDAHULUAN
................................................................................
1.1 LATAR
BELAKANG...................................................................... 1
BAB
2 PEMBAHASAN ...................................................................................
2.1
Pengertian IPTEK
............................................................................ 2
2.2 Sejarah
IPTEK .................................................................................
5
2.3 Hubungan
IPTEK dengan Pendidikan ............................................. 6
2.4 Macam Macam IPTEK dan Pemanfaatannya................... 8
2.5 Dampak IPTEK Bagi Pendidikan ............................ 14
BAB
3 PENUTUP ..........................................................................................
3.1 KESIMPULAN
............................................................................. 16
DAFTAR
PUSTAKA .....................................................................................
17
ii
BAB 1 PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Dewasa ini perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
begitu pesatnya, laju perkembangan itu demikian luasnya hingga hampir mencakup
seluruh kehidupan manusia. Khususnya di bidang informasi dan komunikasi inilah
yang melatar belakangi perlunya penerapan iptek di bidang pengembangan
pendidikan. Selain itu, dalam abad pengetahuan sekarang ini,
diperlukan masyarakat yang berpengetahuan melalui belajar sepanjang hayat
dengan standar mutu yang tinggi. Sifat pengetahuan dan keterampilan yang harus
dikuasai masyarakat sangat beragam dan canggih, sehingga diperlukan kurikulum
yang disertai dengan kemampuan meta-kognisi dan kompetensi untuk berfikir dan
belajar bagaimana belajar (learning to learn) dalam mengakses, memilih dan
menilai pengetahuan, serta mengatasi situasi yang ambigu dan antisipatif terhadap
ketidakpastian..
Selanjutnya terdapat dua landasan lain yang erat kaitannya dalam setiap upaya pendidikan, yakni landasan psikologis dan landasan iptek. Landasan psikologis akan membekali pemahaman para pendidik mengenai perkembangan peserta didik, sedangkan landasan iptek akan membekali para pendidik mengenai sumber bahan ajaran. Landasan-landasan pendidikan tersebut di atas akan memberikan pijakan dan arah terhadap pembentukan manusia, dan sejalan dengan itu mendukung perkembangan masyarakat, bangsa, dan Negara. Kajian berbagai landasan pendidikan, diharapkan akan membentuk wawasan yang tepat mengenai pendidikan. Dengan wawasan yang tepat akan memberikan perspektif yang luas mengenai pendidikan, baik dalam konseptual maupun dalam operasional.
Disini yang akan dibahas lebih
lanjut adalah landasan Iptek untuk pendidikan yang terdiri dari soft technologi
(software) berkaitan dengan metode atau cara, hard technology (hardware)
berkaitan dengan perangkat dan distance learning (belajar jarak jauh) berkaitan
dengan pendistribusian pembelajaran.
1
BAB 2 PEMBAHASAN
2.1 Pengertian
IPTEK
IPTEK merupakan akronim dari Ilmu
Pengetahuan dan Teknologi, istilah IPTEK ini tersusun dari 3 kata yang berbeda
kata pertama ialah ilmu pengetahuan dan kata 2 adalah teknologi.Ilmu
pengetahuan sendiri memiliki 2 kata yang tergabung dan membentuk suatu frasa
baru dan arti dari masing masing kata tersebut.
Ilmu adalah pemahaman mengenai suatu
pengetahuan, yang mempunyai fungsi untuk mencari, menyelidiki, lalu
menyelesaikan suatu hipotesis. Ilmu juga yaitu merupakan suatu pengetahuan yang
sudah teruji akan kebenarannya.
Mohamad Hatta, mendefinisikan ilmu adalah pengetahuan
yang teratur tentang pekerjaan dalam suatu golongan masalah yang sama
tabiatnya, maupun menurut kedudukannya tampak dari luar, maupun menurut
bangunannya dari dalam.
Ashley Montagu, menyimpulkan bahwa ilmu adalah pengetahuan
yang disusun yang
berasal dari pengamatan, studi dan percobaan untuk menentukan hakikat prinsip
tentang hal yang sedang dikaji.
Pengetahuan adalah suatu yang diketahui
ataupun disadari oleh seseorang yang didapat dari pengalamannya. Pengetahuan
juga tidak dapat dikatakan sebagai suatu ilmu karena kebenarannya belum teruji.
Pengetahuan muncul disebabkan seseorang menemukan sesuatu yang sebelumnya belum
pernah dilihatnya.
2
Yang dimaksud dengan atau pengertian
tentang ilmu pengetahuan adalah
pengetahuan yang didasarkan atas fakta-fakta di mana pengujian kebenarannya diatur
menurut suatu tingkah laku.
Kamus Besar Bahasa Indonesia menyatakan
bahwa ilmu pengetahuan adalah
pengetahuan tentang suatu bidang yang disusun secara bersistem menurut metode
tertentu, yang dapat digunakan untuk menerangkan gejala-gejala tertentu.
Ilmu pengetahuan menurut Horton, P, B., dan Chester
L, H merupakan upaya pencarian pengetahuan yang dapat diuji dan diandalkan,
yang dilakukan secara sistematis menurut tahap-tahap yang teratur dan
berdasarkan prinsip-prinsip serta prosedur tertentu
sedangkan tekonologi adalah penerapan penemuan-penemuan ilmiah untuk
memecahkan masalah-masalah praktis.
Definisi teknologi
secara etimologis, teknologi merupakan berasal dari bahasa Yunani, yaitu tekne, yang berari pekerjaan,
dan logos, berarti suatu studi
peralatan, prosedur dan metode yang digunakan pada berbagai cabang industry.
Definisi teknologi berdasarkan KBBI
1.
metode ilmiah untuk
mencapai tujuan praktis; ilmu pengetahuan terapan
2.
keseluruhan sarana
untuk menyediakan barang-barang yg diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan
hidup manusia
Menurut Jaques Ellul teknologi merupakan
keseluruhan metode yang mengarah dan mempunyai ciri efisiensi dalam setiap
bidang kegiatan manusia
3
Menurut Prayitno teknologi merupakan
perangkat ide, metode, teknik dari benda material yang dipakai dalam waktu
dan tempat tertentu untuk memenuhi kebutuhan manusia.
Teknologi adalah suatu penemuan melalui
proses metode ilmiah, untuk mencapai suatu tujuan yang maksimal. Atau dapat
diartikan sebagai sarana bagi manusia untuk menyediakan berbagai kebutuhan atau
dapat mempermudah aktifitas.
Ilmu Pengetahuan
dan Teknologi adalah suatu sistem intelektual pemberdayaan manusia yang
dihasilkan dari sistem kegiatan pendidikan. Dimana sistem intelektual yang
berarti teknologi canggih dan dibutuhkan untuk membantu manusia dalam
memudahkan sesuatu yang berkaitan dengan teknologi yang teknologi ini didapat
atau tercipta dari ilmu pengetahuan yang didapat dalam pendidikan.
4
2.2 Sejarah IPTEK
Pada awalnya, ilmu pengetahuan dan
teknologi yang dimiliki manusia masih relatif sederhana, namun sejak abad
pertengahan mengalami perkembangan yang pesat. Berbagai penemuan teori-teori
baru terus berlangsung hingga saat ini dan dipastikan kedepannya akan terus
semakin berkembang
Akal manusia telah mampu menjangkau hal-hal yang sebelumnya merupakan sesuatu yang tidak mungkin. Pada jaman dahulu kala, mungkin orang akan menganggap mustahil kalau manusia bisa menginjakkan kaki di Bulan, tetapi berkat kemajuan dalam bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi pada pertengahan abad ke-20, pesawat Apollo berhasil mendarat di Bulan dan Neil Amstrong merupakan orang pertama yang berhasil menginjakkan kaki di Bulan.
Kemajuan cepat dunia dalam bidang informasi dan teknologi dalam dua dasa warsa terakhir telah berpengaruh pada peradaban manusia melebihi jangkauan pemikiran manusia sebelumnya. Pengaruh ini terlihat pada pergeseran tatanan sosial, ekonomi, politik dan pendidikan yang memerlukan keseimbangan baru antara nilai-nilai, pemikiran dan cara-cara kehidupan yang berlaku pada konteks global dan lokal.
Akal manusia telah mampu menjangkau hal-hal yang sebelumnya merupakan sesuatu yang tidak mungkin. Pada jaman dahulu kala, mungkin orang akan menganggap mustahil kalau manusia bisa menginjakkan kaki di Bulan, tetapi berkat kemajuan dalam bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi pada pertengahan abad ke-20, pesawat Apollo berhasil mendarat di Bulan dan Neil Amstrong merupakan orang pertama yang berhasil menginjakkan kaki di Bulan.
Kemajuan cepat dunia dalam bidang informasi dan teknologi dalam dua dasa warsa terakhir telah berpengaruh pada peradaban manusia melebihi jangkauan pemikiran manusia sebelumnya. Pengaruh ini terlihat pada pergeseran tatanan sosial, ekonomi, politik dan pendidikan yang memerlukan keseimbangan baru antara nilai-nilai, pemikiran dan cara-cara kehidupan yang berlaku pada konteks global dan lokal.
5
2.3 Hubungan antara IPTEK
dan Pendidikan
Dalam perkembangannya sampai kira-kira
abad ke-16, ilmu pengetahuan manusia itu boleh dikatakan masih belum dikaitkan
dengan, ataupun dimanfaatkan bagi teknik. Teknologi baru dimulai pada zaman aradigmce,
sebagai akibat munculnya dorongan dari dua pihak. Pada satu pihak, muncul
pandangan-pandangan baru di dalam pemikiran filsafat, dimana kedudukan dan
peran manusia terhadap alam (termasuk dirinya sendiri) memperoleh arti dan
tekanan yang semakin besar. Dan pihak lain, yaitu desakan perkembangan
kebutuhan serta persoalan-persoalan kehidupan yang dihadapi dan harus diatasi.
Dengan demikian, ilmu pengetahuan semakin memperoleh, dan memang diarahkan
kepada, watak yang utilitarian, artinya dikaitkan kemanfaatan dan kegunaannya
yang langsung bagi kehidupan kongkret manusia. (Sutarno, Ibid; hal. 138).
Keberadaan ilmu pengetahuan dan
teknologi merupakan akibat langsung dari eksistensi manusia yang kemudian
membentuk historisitas pendidikan sejak lahir sampai mati. Jadi, jika manusia
tidak eksis dalam rentetan panjang kependidikan, sesungguhnya ilmu pengetahuan
dan teknologi tidak mungkin ada.
Ilmu pengetahuan dan teknologi adalah
suatu sistem intelektual pemberdayaan manusia yang dihasilkan dari sistem
kegiatan pendidikan. Dengan ilmu pengetahuan dan teknologi, segala perubahan
yang direncanakan oleh pendidikan dapat dikerjakan. (Suparlan Suhartono,
Filsafat Pendidikan; AR-RUZZ MEDIA: Yogyakarta, 2009), hal. 111.
6
Dalam hubungannya dengan pendidikan,
ilmu pengetahuan dan teknologi mendukung tanggungjawab untuk membudayakan
eksistensi kehidupan manusia. Artinya: dengan peralatan ilmu pengetahuan dan
teknologi, manusia semakin lebih berpeluang untuk menciptakan perubahan-perubahan
yang bermanfaat bagi kehidupan yang lebih berkembang dan maju. Perkembangan di
bidang ilmu pengetahuan misalnya, telah mampu memberikan manusia paradigma-paradigma
yang baru.
7
2.4 Macam
Macam IPTEK dan Pemanfaatannya
Macam-macam IPTEK yaitu hard technology (hardware), soft technologi (software)
dan distance learning (belajar jarak jauh) yang ketiga macam IPTEK ini
mempunyai manfaatnya masing-masing.
1.
Hard technology
Hard
technology adalah semua teknologi yang berkaitan dengan benda baik yang
sifatnya ekonomis ataupun sudah dalam bentuk technology tingkat tinggi yang memudahkan dan melengkapi
manusia untuk melakukan dan mengakses sesuatu yang diperlukan dalam belajar.
Macam-macam Hard Technology :
o
Projektor
Projektor adalah
perangkat yang mengintegrasikan sumber cahaya, sistem optik, elektronik dan
display dengan tujuan untuk memproyeksikan gambar atau video ke dinding atau
layar.
o
Calculator
Alat yang
digunakan guna menyelesaikan perhitungan.
o
Mikroskop
Mikroskop adalah alat yang dapat
digunakan untuk melihat suatu benda yang jaraknya dekat dengan ukuran yang
sangat kecil (mikron) untuk diperbesar agar dapat dilihat secara detil. Sifat
bayangan yang terjadi yaitu maya, terbalik dan diperbesar. Biasanya digunakan
untuk melihat bakteri, sel, virus, dan lain-lain. (Organisasi.Org Komunitas
& Perpustakaan Online Indonesia 2008)
8
o
Volt meter dan Galvano meter
Voltmeter
adalah alat/perkakas untuk mengukur besar tegangan listrik dalam suatu
rangkaian listrik.
Galvanometer
adalah alat ukur listrik yang digunakan untuk mengukur kuat arus dan beda
potensial listrik yang relatif kecil.
o
Laptop
Laptop
adalah komputer pribadi
yang berukuran relatif kecil yang cocok untuk digunakan saat bepergian atau
untuk penggunaan mobile.
2.
Soft Teknologi
Soft Teknologi berkaitan dengan metode metode atau cara atau dalam
istilah teknologi sendiri adalah softwere, untuk memudahkan pembuatan-pembuatan suatu bahan ajar
dengan sebuah program dan membuat pembelajaran menjadi kreatif dan inovatif.
Macam-macam Soft technologi :
o
Perangkat Pengolah Kata
Program yang
digunakan untuk memudahkan membuat surat, skripsi, dll.
o
Perangkat Pengolah Angka
Program yang
digunakan untuk memudahkan membuat tabel-tabel, mengurutkan data-data,
memudahkan perhitungan matematik, dll
9
o
Perangkat Presentasi
Program yang
digunakan untuk memudahkan membuat animasi pembelajaran berupa video maupun
foto-foto.
o
Perangkat Pengolah Grafik
Program yang
digunakan untuk memudahkan membuat grafik statistik, dll.
3.
Distance Learning
Distance learning atau distance
education, yaitu suatu sistem pendidikan dimana terdapat pemisahan antara
pengajar dan siswa baik secara ruang dan/atau waktu.
Sistem Pembelajaran
Jarak Jauh Berbasis Web Sejarah Sistem Pembelajaran jarak jauh Sistem
pembelajaran jarak jauh berbasis web adalah suatu pertemuan antara tiga
perkembangan teknologi dan tradisi, yaitu : distance learning, computer-conveyed
education, dan teknologi internet (internet technology). Macam-macam Distance Learning :
1.Sinkron( Synchronous )
Teknologi
Synchronous adalah cara persalinan online dimana semua peserta adalah
"hadir" pada saat yang sama membutuhkan jadwal yang akan
diselenggarakan. Web conferencing adalah contoh teknologi sinkron.
10
2. Asinkron( Asyncronous)
teknologi
Asynchronous adalah cara persalinan online di mana peserta kursus materi akses
pada jadwal mereka sendiri. Siswa tidak perlu bersama-sama pada waktu yang
sama. forum papan pesan, e-mail dan video yang direkam adalah contoh teknologi
asynchronous.
Sistem
berbasis video mulai muncul tahun 1960-an dimana ketika itu merupakan era
meluasnya kepemilikan televisi. Dengan merekam materi belajar ke dalam kaset
video dan diputer pada stasiun-stasiun televisi, sistem ini memiliki jangkauan
geografis yang cukup besar.
Manfaat Distance Learning
ü
dimungkinkan terjadinya distribusi pendidikan ke semua penjuru dengan kapasitas daya tampung yang tidak
terbatas, karena tidak memerlukan ruang kelas..
ü Guru dan murid tidak perlu bertatap muka
secara langsung dalam ruang kelas, karena yang digunakan adalah fasilitas
komputer yang dihubungkan dengan internet atau intranet. Sehingga, dengan
belajar seperti ini akan mengurangi biaya operasional pendidikan, seperti biaya
pembangunan dan pemeliharaan gedung, transportasi, pemondokan, kertas, alat
tulis dan sebagainya.
ü tidak terbatas oleh waktu. Pembelajar
dapat menentukan kapan saja waktu untuk belajar, sesuai dengan ketersediaan
waktu masing-masing.
11
ü pembelajar dapat memilih topik atau
bahan ajar sesuai dengan keinginan dan kebutuhan masing-masing. Hal ini sangat
baik karena dapat mendukung tercapainya tujuan pembelajaran. Seperti diyakini
kaum pendidik, bahwa pembelajar akan sangat efektif manakala sesuai dengan
keinginan dan kebutuhan peserta didik.
ü lama waktu belajar juga bergantung pada
kemampuan masing-masing pembelajar. Kalau si pembelajar telah mencapai tujuan
pembelajaran, ia dapat menghentikannya. Sebaliknya, apabila si pembelajar masih
memerlukan waktu untuk mengulangi kembali subjek pembelajarananya, dia bisa
langsung mengulanginya tanpa tergantung pada pembelajar lain atau pengajar.
ü keakuratan dan kekinian materi
pembelajaran. Mengingat, materi pembelajaran disimpan dalam komputer, berarti
materi itu mudah diperbarui sesuai dengan perkembangan iptek. Kaum pembelajar
dapat menanyakan hal-hal yang kurang dipahami secara langsung kepada pengajar,
sehingga keakuratan jawaban dapat terjamin.
ü pembelajar jarak jauh ini dapat
dilaksanakan secara interaktif, sehingga menarik perhatian pembelajar.
12
Kekurangan Distance Learning:
ü tingginya kemungkinan gangguan belajar.
Karena sifat cara pendidikan jarak jauh ini merupakan belajar mandiri, sehingga
ü kemungkinan terjadi gangguan selama
belajar sangat mungkin, dan kemungkinan terhentinya program pembelajaran.
ü kesulitan mendapat penjelasan
pengajar/fasilitator yang sesegera mungkin apabila si pembelajar mendapatkan
kesulitan. Si pembelajar harus menunggu pengajar untuk membuka internetnya.
ü pemahaman pembelajar terhadap bahan
ajar. Bisa saja terjadi kesalahan visi dan persepsi terhadap tujuan yang
ditentukan. Si pembelajar merasa bahwa dia telah mencapai tujuan pembelajaran;
sedangkan pengajar/fasilitator masih menganggap belum tercapai sepenuhnya.
ü pengguna jasa internet masih sedikit.
ü jumlah perusahaan internet service
provider juga masih kurang, sehingga saat ini masih banyak perusahaan internet
service provider yang bandwidth-nya sudah penuh sesak akan menghambat terjadinya proses
pembelajaran jarak jauh on-line.
ü harga perangkat komputer masih dirasakan
sangat mahal.
ü Salah satu kelemahan sistem ini adalah
kurangnya interaksi dan komunikasi dua arah antara pengajar dan peserta.
13
2.5 Dampak IPTEK Bagi Pendidikan
Di dalam
sebuah perkembangan dari adanya teknologi (dalam hal ini teknologi komunikasi)
tentunya banyak yang mempengaruhi maupun yang dipengaruhi. Satu hal dari adanya
teknologi komunikasi adalah mengenai dampak yang ditimbulkan. Ketika disini
membahas mengenai teknologi komunikasi dalam bidang pendidikan, maka akan
dipaparkan mengenai dampak yang ditimbulkan baik dampak positif maupun negatif. Uraiannya adalah sebagai berikut:
Dampak
Positif :
a.
Pembelajaran jarak jauh dengan kemajuan teknologi proses
pembelajaran tidak harus mempertemukan siswa dengan guru, tetapi bisa juga
menggunakan jasa pos internet dan lain-lain.
b.
Munculnya media massa, khususnya media elektronik sebagai
sumber ilmu dan pusat pendidikan menjadikan guru bukanlah satu-satunya sumber
ilmu pengetahuan.
c.
Munculnya metode-metode pembelajaran yang baru, yang
memudahkan siswa dan guru dalam proses pembelajaran. Dengan kemajuan teknologi
terciptalah metode-metode baru yang membuat siswa mampu memahami materi-materi
yang abstrak, karena materi tersebut dengan bantuan teknologi bisa dibuat
abstrak.
- Kita akan lebih cepat mendapatkan informasi-informasi yang akurat dan terbaru melalui internet.
14
f.
Teknologi menawarkan media audio-visual yang interaktif
pada proses pembelajaran. Presentasi PowerPoint dan perangkat lunak animasi
dapat digunakan untuk memberikan informasi kepada siswa secara interaktif. Efek
visual yang diberikan membuat siswa lebih tertarik untuk belajar. Selain itu,
software ini berfungsi sebagai alat bantu visual untuk para guru dan
memfasilitasi siswa untuk melihat informasi secara lebih jelas. Media
interaktif telah terbukti bermanfaat dalam meningkatkan tingkat konsentrasi
siswa.
Dampak
Negatif :
a.
Menurunnya motivasi dan prestasi belajar serta
berkurangnya jumlah jam belajar para remaja karena sebagian besar waktunya digunakan
untuk memainkan gadgetnya
b.
Tidak focus dalam belajar karena ketika guru menerangkan
ia bermain game atau mendengarkan musik menggunakan earphone bahkan Rela membolos saat jam sekolah demi
bermain game yang sedang trend
c.
Kemerosotan moral di kalangan warga masyarakat, khususnya
di kalangan remaja dan pelajar. Pornografi yang bisa diakses dan mudah dibuka
diinternet menjadi candu bagi para remaja maupun masyarakat.
- Dapat membuat orang semakin malas, karena IPTEK
memiliki tujuan untuk mempermudah & memanjakan manusia. Jadi manusia
akan semakin malas sebab sudah ada teknologi yang dapat menggantikan
dirinya bekerja.
15
BAB 3 KESIMPULAN
Ø
Ilmu adalah pemahaman mengenai suatu pengetahuan, yang mempunyai
fungsi untuk mencari, menyelidiki, lalu menyelesaikan suatu hipotesis yang sudah teruji akan kebenarannya.
Ø
Pengetahuan adalah suatu yang diketahui ataupun disadari
oleh seseorang yang didapat dari pengalamannya.
Ø
Ilmu Pengetahuan adalah pengetahuan tentang suatu bidang yang
disusun secara bersistem menurut metode tertentu, yang dapat digunakan untuk
menerangkan gejala-gejala tertentu.
Ø
Teknologi adalah suatu penemuan melalui proses metode
ilmiah, untuk mencapai suatu tujuan yang maksimal. Atau dapat diartikan sebagai
sarana bagi manusia untuk menyediakan berbagai kebutuhan yang dapat mempermudah
aktifitas.
Ø
Ilmu Pengetahuan dan Teknologi adalah suatu sistem
intelektual pemberdayaan manusia yang dihasilkan dari sistem kegiatan
pendidikan
Ø
Hubungan antara Ilmu Pengetahuan dengan Teknologi adalah
ilmu pengetahuan menciptakan Teknologi . Teknologi itu sendiri mengandung ilmu
pengetahuan di dalamnya.
Ø
Hubungan IPTEK dengan Pendidikan adalah ilmu pengetahuan
dan teknologi mendukung tanggungjawab untuk membudayakan eksistensi kehidupan
manusia. Artinya: dengan peralatan ilmu pengetahuan dan teknologi, manusia
semakin lebih berpeluang untuk menciptakan perubahan-perubahan yang bermanfaat
bagi kehidupan yang lebih berkembang dan maju
Ø Macam-macam
IPTEK
Hard technology
semua teknologi yang berkaitan dengan benda baik yang sifatnya
ekonomis ataupun sudah dalam bentuk technology tingkat tinggi
Soft technology
teknologi berupa metode metode atau cara atau dalam istilah teknologi sendiri adalah softwere
Distance Learning
yaitu suatu sistem pendidikan dimana terdapat pemisahan antara pengajar
dan siswa baik secara ruang dan/atau waktu.
16
Ø
Dampak Positif IPTEK :
q
Pembelajaran jarak jauh
q
Munculnya media massa, khususnya media elektronik sebagai
sumber ilmu .
q
Kita akan lebih cepat mendapatkan informasi-informasi.
q
Munculnya metode-metode pembelajaran yang baru.
Ø
Dampak Negatif IPTEK :
q
Menurunnya motivasi dan prestasi belajar
q
Tidak focus dalam belajar.
q
Kemerosotan moral di kalangan warga masyarakat
q
Dapat membuat orang semakin malas.
17
DAFTAR PUSTAKA
http://areaaqyeyen.blogspot.co.id/2009/04/definisi-teknologi-pendidikan.html
http://dilihatya.com/2522/pengertian-iptek-menurut-para-ahli
http://ernawannurelihidayah.blogspot.co.id/2013/11/babi-pendahuluan-a.html
http://febrisabtio.blogspot.co.id/
https://id.wikipedia.org/wiki/Voltmeter
https://intanayuda8.wordpress.com/2013/05/13/ilmu-pengetahuan-dan-teknologi-html/
http://sobatbaru.blogspot.co.id/2011/01/pengertian-distance-learning.html
https://versioncom.wordpress.com/2014/07/10/pengaruh-iptek-pada-perkembangan-media-pendidikan/
https://www.academia.edu/8017707/PERANAN_ILMU_PENGETAHUAN_DAN_TEKNOLOGI_IPTEK_DALAM_DUNIA_PENDIDIKAN
http://www.katailmu.com/2011/01/hubungan-perang-dunia-i-dengan.html
http://www.pengertianku.net/2015/01/pengertian-iptek-atau-ilmu-pengetahuan-dan-teknologi-lengkap.html
18
Comments
Post a Comment