Skip to main content

Landasan Pendidikan "IPTEK"

ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI

TUGAS LANDASAN ILMU PENDIDIKAN




DISUSUN OLEH :
MUALIM (3115153587)
YUNI SEPTIANA (3115154537)

PRODI :
PENDIDIKAN MATEMATIKA C 2015

FAKULTAS:
MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM



UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA








KATA PENGANTAR

       Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena dengan rahmat, karunia, serta taufik dan hidayah-Nya kami dapat menyelesaikan makalah mengenai Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) ini dengan baik meskipun banyak kekurangan didalamnya. Dan juga kami berterima kasih pada Bapak Cecep Kustandi selaku dosen mata kuliah Ilmu Pendidikan yang telah memberikan tugas ini kepada kami sehingga pengetahuan kami bertambah.

       Kami sangat berharap makalah ini dapat berguna dalam rangka menambah wawasan serta pengetahuan kami mengenai isi mengenai Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK). Semoga makalah sederhana ini dapat dipahami bagi siapapun yang membacanya. Sekiranya makalah yang telah disusun ini dapat berguna bagi kami sebagai penulis maupun orang yang membacanya.


Jakarta, 03 November  2015


Penulis

i




DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR .....................................................................................         i
DAFTAR ISI ....................................................................................................         ii
BAB 1 PENDAHULUAN ................................................................................
            1.1 LATAR BELAKANG......................................................................      1

BAB 2 PEMBAHASAN ...................................................................................
            2.1 Pengertian IPTEK ............................................................................      2
            2.2 Sejarah IPTEK .................................................................................      5
            2.3 Hubungan IPTEK dengan Pendidikan .............................................     6
            2.4 Macam Macam IPTEK dan Pemanfaatannya...................       8
            2.5  Dampak IPTEK Bagi Pendidikan ............................   14

BAB 3 PENUTUP ..........................................................................................
            3.1 KESIMPULAN .............................................................................         16

DAFTAR PUSTAKA .....................................................................................          17

ii





BAB 1 PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Dewasa ini perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi begitu pesatnya, laju perkembangan itu demikian luasnya hingga hampir mencakup seluruh kehidupan manusia. Khususnya di bidang informasi dan komunikasi inilah yang melatar belakangi perlunya penerapan iptek di bidang pengembangan pendidikan. Selain itu, dalam abad pengetahuan sekarang ini, diperlukan masyarakat yang berpengetahuan melalui belajar sepanjang hayat dengan standar mutu yang tinggi. Sifat pengetahuan dan keterampilan yang harus dikuasai masyarakat sangat beragam dan canggih, sehingga diperlukan kurikulum yang disertai dengan kemampuan meta-kognisi dan kompetensi untuk berfikir dan belajar bagaimana belajar (learning to learn) dalam mengakses, memilih dan menilai pengetahuan, serta mengatasi situasi yang ambigu dan antisipatif  terhadap ketidakpastian..

          Selanjutnya terdapat dua landasan lain yang erat kaitannya dalam setiap upaya pendidikan, yakni landasan psikologis dan landasan iptek. Landasan psikologis akan membekali pemahaman para pendidik mengenai perkembangan peserta didik, sedangkan landasan iptek akan membekali para pendidik mengenai sumber bahan ajaran. Landasan-landasan pendidikan tersebut di atas akan memberikan pijakan dan arah terhadap pembentukan manusia, dan sejalan dengan itu mendukung perkembangan masyarakat, bangsa, dan Negara. Kajian berbagai landasan pendidikan, diharapkan akan membentuk wawasan yang tepat mengenai pendidikan. Dengan wawasan yang tepat akan memberikan perspektif yang luas mengenai pendidikan, baik dalam konseptual maupun dalam operasional.
Disini yang akan dibahas lebih lanjut adalah landasan Iptek untuk pendidikan yang terdiri dari soft technologi (software) berkaitan dengan metode atau cara, hard technology (hardware) berkaitan dengan perangkat dan distance learning (belajar jarak jauh) berkaitan dengan pendistribusian pembelajaran.
1




BAB 2 PEMBAHASAN
2.1 Pengertian IPTEK
IPTEK merupakan akronim dari Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, istilah IPTEK ini tersusun dari 3 kata yang berbeda kata pertama ialah ilmu pengetahuan dan kata 2 adalah teknologi.Ilmu pengetahuan sendiri memiliki 2 kata yang tergabung dan membentuk suatu frasa baru dan arti dari masing masing kata tersebut.
Ilmu adalah pemahaman mengenai suatu pengetahuan, yang mempunyai fungsi untuk mencari, menyelidiki, lalu menyelesaikan suatu hipotesis. Ilmu juga yaitu merupakan suatu pengetahuan yang sudah teruji akan kebenarannya.
Mohamad Hatta, mendefinisikan ilmu adalah pengetahuan yang teratur tentang pekerjaan dalam suatu golongan masalah yang sama tabiatnya, maupun menurut kedudukannya tampak dari luar, maupun menurut bangunannya dari dalam.
Ashley Montagu, menyimpulkan bahwa ilmu adalah pengetahuan yang disusun yang berasal dari pengamatan, studi dan percobaan untuk menentukan hakikat prinsip tentang hal yang sedang dikaji.
Pengetahuan adalah suatu yang diketahui ataupun disadari oleh seseorang yang didapat dari pengalamannya. Pengetahuan juga tidak dapat dikatakan sebagai suatu ilmu karena kebenarannya belum teruji. Pengetahuan muncul disebabkan seseorang menemukan sesuatu yang sebelumnya belum pernah dilihatnya.
2





Yang dimaksud dengan atau pengertian tentang ilmu pengetahuan adalah pengetahuan yang didasarkan atas fakta-fakta di mana pengujian kebenarannya diatur menurut suatu tingkah laku.
Kamus Besar Bahasa Indonesia menyatakan bahwa ilmu pengetahuan adalah pengetahuan tentang suatu bidang yang disusun secara bersistem menurut metode tertentu, yang dapat digunakan untuk menerangkan gejala-gejala tertentu.
Ilmu pengetahuan menurut Horton, P, B., dan Chester L, H merupakan upaya pencarian pengetahuan yang dapat diuji dan diandalkan, yang dilakukan secara sistematis menurut tahap-tahap yang teratur dan berdasarkan prinsip-prinsip serta prosedur tertentu sedangkan tekonologi adalah penerapan penemuan-penemuan ilmiah untuk memecahkan masalah-masalah praktis.
Definisi teknologi secara etimologis, teknologi merupakan berasal dari bahasa Yunani, yaitu tekne, yang berari pekerjaan, dan logos, berarti suatu studi peralatan, prosedur dan metode yang digunakan pada berbagai cabang industry. 
Definisi teknologi berdasarkan KBBI
1.   metode ilmiah untuk mencapai tujuan praktis; ilmu pengetahuan terapan
2.   keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yg diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia

Menurut Jaques Ellul teknologi merupakan keseluruhan metode yang mengarah dan mempunyai ciri efisiensi dalam setiap bidang kegiatan manusia
3





Menurut Prayitno teknologi merupakan perangkat ide, metode, teknik dari benda material yang dipakai dalam waktu dan tempat tertentu untuk memenuhi kebutuhan manusia.
Teknologi adalah suatu penemuan melalui proses metode ilmiah, untuk mencapai suatu tujuan yang maksimal. Atau dapat diartikan sebagai sarana bagi manusia untuk menyediakan berbagai kebutuhan atau dapat mempermudah aktifitas.
Ilmu Pengetahuan dan Teknologi adalah suatu sistem intelektual pemberdayaan manusia yang dihasilkan dari sistem kegiatan pendidikan. Dimana sistem intelektual yang berarti teknologi canggih dan dibutuhkan untuk membantu manusia dalam memudahkan sesuatu yang berkaitan dengan teknologi yang teknologi ini didapat atau tercipta dari ilmu pengetahuan yang didapat dalam pendidikan.

4





2.2 Sejarah IPTEK
Pada awalnya, ilmu pengetahuan dan teknologi yang dimiliki manusia masih relatif sederhana, namun sejak abad pertengahan mengalami perkembangan yang pesat. Berbagai penemuan teori-teori baru terus berlangsung hingga saat ini dan dipastikan kedepannya akan terus semakin berkembang
          Akal manusia telah mampu menjangkau hal-hal yang sebelumnya merupakan sesuatu yang tidak mungkin. Pada jaman dahulu kala, mungkin orang akan menganggap mustahil kalau manusia bisa menginjakkan kaki di Bulan, tetapi berkat kemajuan dalam bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi pada pertengahan abad ke-20, pesawat Apollo berhasil mendarat di Bulan dan Neil Amstrong merupakan orang pertama yang berhasil menginjakkan kaki di Bulan.
          Kemajuan cepat dunia dalam bidang informasi dan teknologi dalam dua dasa warsa terakhir telah berpengaruh pada peradaban manusia melebihi jangkauan pemikiran manusia sebelumnya. Pengaruh ini terlihat pada pergeseran tatanan sosial, ekonomi, politik dan pendidikan yang memerlukan keseimbangan baru antara nilai-nilai, pemikiran dan cara-cara kehidupan yang berlaku pada konteks global dan lokal.


5






2.3 Hubungan antara IPTEK dan Pendidikan
Dalam perkembangannya sampai kira-kira abad ke-16, ilmu pengetahuan manusia itu boleh dikatakan masih belum dikaitkan dengan, ataupun dimanfaatkan bagi teknik. Teknologi baru dimulai pada zaman aradigmce, sebagai akibat munculnya dorongan dari dua pihak. Pada satu pihak, muncul pandangan-pandangan baru di dalam pemikiran filsafat, dimana kedudukan dan peran manusia terhadap alam (termasuk dirinya sendiri) memperoleh arti dan tekanan yang semakin besar. Dan pihak lain, yaitu desakan perkembangan kebutuhan serta persoalan-persoalan kehidupan yang dihadapi dan harus diatasi. Dengan demikian, ilmu pengetahuan semakin memperoleh, dan memang diarahkan kepada, watak yang utilitarian, artinya dikaitkan kemanfaatan dan kegunaannya yang langsung bagi kehidupan kongkret manusia. (Sutarno, Ibid; hal. 138).
Keberadaan ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan akibat langsung dari eksistensi manusia yang kemudian membentuk historisitas pendidikan sejak lahir sampai mati. Jadi, jika manusia tidak eksis dalam rentetan panjang kependidikan, sesungguhnya ilmu pengetahuan dan teknologi tidak mungkin ada.
Ilmu pengetahuan dan teknologi adalah suatu sistem intelektual pemberdayaan manusia yang dihasilkan dari sistem kegiatan pendidikan. Dengan ilmu pengetahuan dan teknologi, segala perubahan yang direncanakan oleh pendidikan dapat dikerjakan. (Suparlan Suhartono, Filsafat Pendidikan; AR-RUZZ MEDIA: Yogyakarta, 2009), hal. 111.
6








Dalam hubungannya dengan pendidikan, ilmu pengetahuan dan teknologi mendukung tanggungjawab untuk membudayakan eksistensi kehidupan manusia. Artinya: dengan peralatan ilmu pengetahuan dan teknologi, manusia semakin lebih berpeluang untuk menciptakan perubahan-perubahan yang bermanfaat bagi kehidupan yang lebih berkembang dan maju. Perkembangan di bidang ilmu pengetahuan misalnya, telah mampu memberikan manusia paradigma-paradigma yang baru.


7







2.4 Macam Macam IPTEK dan Pemanfaatannya
          Macam-macam IPTEK yaitu hard technology (hardware), soft technologi (software) dan distance learning (belajar jarak jauh) yang ketiga macam IPTEK ini mempunyai manfaatnya masing-masing.
1.   Hard technology
Hard technology adalah semua teknologi yang berkaitan dengan benda baik yang sifatnya ekonomis ataupun sudah dalam bentuk technology tingkat tinggi yang memudahkan dan melengkapi manusia untuk melakukan dan mengakses sesuatu yang diperlukan dalam belajar. Macam-macam Hard Technology :
o       Projektor
Projektor adalah perangkat yang mengintegrasikan sumber cahaya, sistem optik, elektronik dan display dengan tujuan untuk memproyeksikan gambar atau video ke dinding atau layar.

o       Calculator
Alat yang digunakan guna menyelesaikan perhitungan.
o       Mikroskop
Mikroskop adalah alat yang dapat digunakan untuk melihat suatu benda yang jaraknya dekat dengan ukuran yang sangat kecil (mikron) untuk diperbesar agar dapat dilihat secara detil. Sifat bayangan yang terjadi yaitu maya, terbalik dan diperbesar. Biasanya digunakan untuk melihat bakteri, sel, virus, dan lain-lain. (Organisasi.Org Komunitas & Perpustakaan Online Indonesia 2008)           
 8






o      Volt meter dan Galvano meter
Voltmeter adalah alat/perkakas untuk mengukur besar tegangan listrik dalam suatu rangkaian listrik.
Galvanometer adalah alat ukur listrik yang digunakan untuk mengukur kuat arus dan beda potensial listrik yang relatif kecil.
o       Laptop
Laptop adalah komputer pribadi yang berukuran relatif kecil yang cocok untuk digunakan saat bepergian atau untuk penggunaan mobile.
2.   Soft Teknologi
Soft Teknologi berkaitan dengan metode metode atau cara atau dalam istilah teknologi sendiri adalah softwere, untuk memudahkan pembuatan-pembuatan suatu bahan ajar dengan sebuah program dan membuat pembelajaran menjadi kreatif dan inovatif. Macam-macam Soft technologi :
o       Perangkat Pengolah Kata
Program yang digunakan untuk memudahkan membuat surat, skripsi, dll.
o       Perangkat Pengolah Angka
Program yang digunakan untuk memudahkan membuat tabel-tabel, mengurutkan data-data, memudahkan perhitungan matematik, dll
9







o       Perangkat Presentasi
Program yang digunakan untuk memudahkan membuat animasi pembelajaran berupa video maupun foto-foto.
o       Perangkat Pengolah Grafik
Program yang digunakan untuk memudahkan membuat grafik statistik, dll.
3.    Distance Learning
Distance learning atau distance education, yaitu suatu sistem pendidikan dimana terdapat pemisahan antara pengajar dan siswa baik secara ruang dan/atau waktu.
Sistem Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Web Sejarah Sistem Pembelajaran jarak jauh Sistem pembelajaran jarak jauh berbasis web adalah suatu pertemuan antara tiga perkembangan teknologi dan tradisi, yaitu : distance learning, computer-conveyed education, dan teknologi internet (internet technology). Macam-macam Distance Learning :
1.Sinkron( Synchronous )
Teknologi Synchronous adalah cara persalinan online dimana semua peserta adalah "hadir" pada saat yang sama membutuhkan jadwal yang akan diselenggarakan. Web conferencing adalah contoh teknologi sinkron.

10







2. Asinkron( Asyncronous)
teknologi Asynchronous adalah cara persalinan online di mana peserta kursus materi akses pada jadwal mereka sendiri. Siswa tidak perlu bersama-sama pada waktu yang sama. forum papan pesan, e-mail dan video yang direkam adalah contoh teknologi asynchronous.
Sistem berbasis video mulai muncul tahun 1960-an dimana ketika itu merupakan era meluasnya kepemilikan televisi. Dengan merekam materi belajar ke dalam kaset video dan diputer pada stasiun-stasiun televisi, sistem ini memiliki jangkauan geografis yang cukup besar.
Manfaat Distance Learning
ü dimungkinkan terjadinya distribusi pendidikan ke semua  penjuru dengan kapasitas daya tampung yang tidak terbatas, karena tidak memerlukan ruang kelas..
ü Guru dan murid tidak perlu bertatap muka secara langsung dalam ruang kelas, karena yang digunakan adalah fasilitas komputer yang dihubungkan dengan internet atau intranet. Sehingga, dengan belajar seperti ini akan mengurangi biaya operasional pendidikan, seperti biaya pembangunan dan pemeliharaan gedung, transportasi, pemondokan, kertas, alat tulis dan sebagainya.
ü tidak terbatas oleh waktu. Pembelajar dapat menentukan kapan saja waktu untuk belajar, sesuai dengan ketersediaan waktu masing-masing.
11







ü pembelajar dapat memilih topik atau bahan ajar sesuai dengan keinginan dan kebutuhan masing-masing. Hal ini sangat baik karena dapat mendukung tercapainya tujuan pembelajaran. Seperti diyakini kaum pendidik, bahwa pembelajar akan sangat efektif manakala sesuai dengan keinginan dan kebutuhan peserta didik.
ü lama waktu belajar juga bergantung pada kemampuan masing-masing pembelajar. Kalau si pembelajar telah mencapai tujuan pembelajaran, ia dapat menghentikannya. Sebaliknya, apabila si pembelajar masih memerlukan waktu untuk mengulangi kembali subjek pembelajarananya, dia bisa langsung mengulanginya tanpa tergantung pada pembelajar lain atau pengajar.
ü keakuratan dan kekinian materi pembelajaran. Mengingat, materi pembelajaran disimpan dalam komputer, berarti materi itu mudah diperbarui sesuai dengan perkembangan iptek. Kaum pembelajar dapat menanyakan hal-hal yang kurang dipahami secara langsung kepada pengajar, sehingga keakuratan jawaban dapat terjamin.
ü pembelajar jarak jauh ini dapat dilaksanakan secara interaktif, sehingga menarik perhatian pembelajar.
12







Kekurangan Distance Learning:
ü tingginya kemungkinan gangguan belajar. Karena sifat cara pendidikan jarak jauh ini merupakan belajar mandiri, sehingga
ü kemungkinan terjadi gangguan selama belajar sangat mungkin, dan kemungkinan terhentinya program pembelajaran.
ü kesulitan mendapat penjelasan pengajar/fasilitator yang sesegera mungkin apabila si pembelajar mendapatkan kesulitan. Si pembelajar harus menunggu pengajar untuk membuka internetnya.
ü pemahaman pembelajar terhadap bahan ajar. Bisa saja terjadi kesalahan visi dan persepsi terhadap tujuan yang ditentukan. Si pembelajar merasa bahwa dia telah mencapai tujuan pembelajaran; sedangkan pengajar/fasilitator masih menganggap belum tercapai sepenuhnya.
ü pengguna jasa internet masih sedikit.
ü jumlah perusahaan internet service provider juga masih kurang, sehingga saat ini masih banyak perusahaan internet service provider yang bandwidth-nya sudah penuh sesak akan menghambat terjadinya proses pembelajaran jarak jauh on-line.
ü harga perangkat komputer masih dirasakan sangat mahal.
ü  Salah satu kelemahan sistem ini adalah kurangnya interaksi dan komunikasi dua arah antara pengajar dan peserta.
13








2.5 Dampak IPTEK Bagi Pendidikan
 Di dalam sebuah perkembangan dari adanya teknologi (dalam hal ini teknologi komunikasi) tentunya banyak yang mempengaruhi maupun yang dipengaruhi. Satu hal dari adanya teknologi komunikasi adalah mengenai dampak yang ditimbulkan. Ketika disini membahas mengenai teknologi komunikasi dalam bidang pendidikan, maka akan dipaparkan mengenai dampak yang ditimbulkan baik dampak positif maupun negatif. Uraiannya adalah sebagai berikut:
Dampak Positif       :
a.    Pembelajaran jarak jauh dengan kemajuan teknologi proses pembelajaran tidak harus mempertemukan siswa dengan guru, tetapi bisa juga menggunakan jasa pos internet dan lain-lain.
b.   Munculnya media massa, khususnya media elektronik sebagai sumber ilmu dan pusat pendidikan menjadikan guru bukanlah satu-satunya sumber ilmu pengetahuan.
c.    Munculnya metode-metode pembelajaran yang baru, yang memudahkan siswa dan guru dalam proses pembelajaran. Dengan kemajuan teknologi terciptalah metode-metode baru yang membuat siswa mampu memahami materi-materi yang abstrak, karena materi tersebut dengan bantuan teknologi bisa dibuat abstrak.
    1. Kita akan lebih cepat mendapatkan informasi-informasi yang akurat dan terbaru melalui internet.
14




f.    Teknologi menawarkan media audio-visual yang interaktif pada proses pembelajaran. Presentasi PowerPoint dan perangkat lunak animasi dapat digunakan untuk memberikan informasi kepada siswa secara interaktif. Efek visual yang diberikan membuat siswa lebih tertarik untuk belajar. Selain itu, software ini berfungsi sebagai alat bantu visual untuk para guru dan memfasilitasi siswa untuk melihat informasi secara lebih jelas. Media interaktif telah terbukti bermanfaat dalam meningkatkan tingkat konsentrasi siswa.
Dampak Negatif     :
a.    Menurunnya motivasi dan prestasi belajar serta berkurangnya jumlah jam belajar para remaja karena sebagian besar waktunya digunakan untuk memainkan gadgetnya
b.   Tidak focus dalam belajar karena ketika guru menerangkan ia bermain game atau mendengarkan musik menggunakan earphone bahkan Rela membolos saat jam sekolah demi bermain game yang sedang trend
c.    Kemerosotan moral di kalangan warga masyarakat, khususnya di kalangan remaja dan pelajar. Pornografi yang bisa diakses dan mudah dibuka diinternet menjadi candu bagi para remaja maupun masyarakat.
  1. Dapat membuat orang semakin malas, karena IPTEK memiliki tujuan untuk mempermudah & memanjakan manusia. Jadi manusia akan semakin malas sebab sudah ada teknologi yang dapat menggantikan dirinya bekerja.
15










BAB 3 KESIMPULAN

Ø Ilmu adalah pemahaman mengenai suatu pengetahuan, yang mempunyai fungsi untuk mencari, menyelidiki, lalu menyelesaikan suatu hipotesis yang sudah teruji akan kebenarannya.
Ø Pengetahuan adalah suatu yang diketahui ataupun disadari oleh seseorang yang didapat dari pengalamannya.
Ø Ilmu Pengetahuan adalah pengetahuan tentang suatu bidang yang disusun secara bersistem menurut metode tertentu, yang dapat digunakan untuk menerangkan gejala-gejala tertentu.
Ø Teknologi adalah suatu penemuan melalui proses metode ilmiah, untuk mencapai suatu tujuan yang maksimal. Atau dapat diartikan sebagai sarana bagi manusia untuk menyediakan berbagai kebutuhan yang dapat mempermudah aktifitas.
Ø Ilmu Pengetahuan dan Teknologi adalah suatu sistem intelektual pemberdayaan manusia yang dihasilkan dari sistem kegiatan pendidikan
Ø Hubungan antara Ilmu Pengetahuan dengan Teknologi adalah ilmu pengetahuan menciptakan Teknologi . Teknologi itu sendiri mengandung ilmu pengetahuan di dalamnya.
Ø Hubungan IPTEK dengan Pendidikan adalah ilmu pengetahuan dan teknologi mendukung tanggungjawab untuk membudayakan eksistensi kehidupan manusia. Artinya: dengan peralatan ilmu pengetahuan dan teknologi, manusia semakin lebih berpeluang untuk menciptakan perubahan-perubahan yang bermanfaat bagi kehidupan yang lebih berkembang dan maju
Ø Macam-macam  IPTEK
Hard technology
semua teknologi yang berkaitan dengan benda baik yang sifatnya ekonomis ataupun sudah dalam bentuk technology tingkat tinggi
    Soft technology
teknologi berupa metode metode atau cara atau dalam istilah teknologi sendiri adalah softwere
    Distance Learning
yaitu suatu sistem pendidikan dimana terdapat pemisahan antara pengajar dan siswa baik secara ruang dan/atau waktu.
16









Ø Dampak Positif    IPTEK   :
q Pembelajaran jarak jauh
q Munculnya media massa, khususnya media elektronik sebagai sumber ilmu .
q Kita akan lebih cepat mendapatkan informasi-informasi.
q Munculnya metode-metode pembelajaran yang baru.
Ø Dampak Negatif  IPTEK   :
q Menurunnya motivasi dan prestasi belajar
q Tidak focus dalam belajar.
q Kemerosotan moral di kalangan warga masyarakat
q Dapat membuat orang semakin malas.


17






DAFTAR PUSTAKA
http://areaaqyeyen.blogspot.co.id/2009/04/definisi-teknologi-pendidikan.html
http://dilihatya.com/2522/pengertian-iptek-menurut-para-ahli
http://ernawannurelihidayah.blogspot.co.id/2013/11/babi-pendahuluan-a.html
http://febrisabtio.blogspot.co.id/
https://id.wikipedia.org/wiki/Voltmeter
https://intanayuda8.wordpress.com/2013/05/13/ilmu-pengetahuan-dan-teknologi-html/
http://sobatbaru.blogspot.co.id/2011/01/pengertian-distance-learning.html
https://versioncom.wordpress.com/2014/07/10/pengaruh-iptek-pada-perkembangan-media-pendidikan/
https://www.academia.edu/8017707/PERANAN_ILMU_PENGETAHUAN_DAN_TEKNOLOGI_IPTEK_DALAM_DUNIA_PENDIDIKAN
http://www.katailmu.com/2011/01/hubungan-perang-dunia-i-dengan.html
http://www.pengertianku.net/2015/01/pengertian-iptek-atau-ilmu-pengetahuan-dan-teknologi-lengkap.html

 18

Comments

Popular posts from this blog

Bahasa Inggris Outline about Vigilant Paper of Wrapping Food

Makalah Bahasa Inggris Nama                       : Delvi Tiara Anjani ( 3115154531)                            Yuni Septiana         ( 3115154537) Kelas              : Pendidikan Matematika C 2015 Program Studi : Pendidikan Matematika Fakultas          : Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Jakarta Vigilant Paper of Wrapping Food In everyday life we often see and find the use of paper as a packaging food that is considered only as a wrapper and protective. But not all paper is safe for food packed. It's important for us to know the good and bad use of wrapping paper as a ...

Olimpisme "SEJARAH, FILOSOFI DAN NILAI-NiLAI OLIMPIADE "

SEJARAH, FILOSOFI DAN  NILAI-NiLAI OLIMPIADE Mengapa ? Olimpiade begitu populer di dunia ? Sehingga istilah “olimpiade” tidak saja digunakan sebagai wahana kompetisi olahraga antar negara tingkat dunia,tapi juga di gunakan untuk kegiatan lain yang bergengsi mis : olimpiade sain,budaya, dll Menjadi  peserta olimpiade dan juara olimpiade  merupakan impian dan target setiap di dunia? Setiap negara sangat ingin dan mengharapkan sebagai Penyelenggara olimpiade ? Karena .. § Olimpiade memiliki nilai yang begitu tinggi yang menunjukkan kualitas puncak prestasi sebuah bangsa / negara / individu manusia . § Penyelenggaraan olimpiade dilandasi oleh niat yang mulia memujudkan perdamaian dunia melalui penerapan filosofi kehidupan universal. Semua itu diakui oleh bangsa-bangsa di dunia § Setiap penyelenggaraan olimpiade akan meninggalkan kesan,kenangan,pengetahuan , pengalaman   yang mendalam dan positif bagi...