Skip to main content

Filsafat Perspektif "Bayangan Zaman Kegelapan"

Bayangan Zaman Kegelapan


Bayangan dapat diartikan suatu gambaran. Zaman dapat diartikan suatu masa/waktu. Kegelapan dapat diartikan suatu yang suram atau belum berkembang saat tidak adanya kemautahuan. Jadi Bayangan Zaman kegelapan adalah suatu gambaran yang terjadi pada masa yang belum berkembang akibat ketidak mautahuan.

Ada 3 penyebab zaman kegelapan :
1.     Kemiskinan
2.     Kesalahan
3.     Hambatan yang disengaja

1.  Kemiskinan
 Kebanyakan umat manusia hanya berada sedikit saja diatas tingkat hidup minimal, untuk makan pun tidak cukup, apalagi untuk membeli buku dan membayar gaji guru. Sedangkan pendidikan tergantung pada ekonomi.
Dalam Masa kegelapan di Eropa 15 abad yang lalu, pada tahun 400 terdapat banyak sekali buku bahkan hampir berlimpahan. Pada saat itu adalah abad yang penuh peperangan, perampokan dan kebodohan, ini diakibatkan karena kemiskinan. Namun setelah delapan atau sepuluh generasi kemudian buku dianggap sebagai sebuah barang yang sangat berharga, setelah lama para pustakawan melindungi buku-buku tersebut.
Jadi sesungguhnya suatu kemiskinan dari seluruh masyarakat , bukanlah merupakan suatu rintangan yang tak teratasi untuk melaksanakan pendidikan, jika seseorang memang sungguh-sungguh  mau belajar dan bersedia berkorban.
       Contoh-contoh negara miskin yang bersungguh-sungguh untuk pendidikan diantaranya :
a)     Finlandia merupakan salah satu negara termiskin di Eropa, namun Ia memiliki sekolah-sekolah yang sangat baik dan warga negaranya jauh lebih berpendidikan dibanding kebanyakan negara kaya.
b)    Scotlandia tidak pernah kaya, walaupun begitu Ia menunjang empat universitas sejak zaman Renaissance.




2. Kesalahan
Kesalahan dalam sistem pendidikan , sering sekali bahwa suatu pendidikan yang baik hanya ditawarkan kepada kelompok yang terpilih, sisanya dibiarkan merana dalam kebodohan.
Baru pada abad generasi sekaranglah kaum wanita diperkenankan untuk duduk sama tinggi  dalam menikmati kebudayaan bangsa dan dunia.
Ada 3 kesalahan yang menyebabkan lemahnya pendidikan masa sekarang, yaitu :
1.     Gagasan yang keliru bahwa sekolah diadakan untuk melatih anak laki-  laki dan perempuan untuk mampu berinteraksi dengan kelompoknya dan mampu menyesuaikan diri dengan keluarga dan masyarakat.  Ini adalah salah satu tujuan pendidikan. Tujuan lainnya yang lebih penting  adalah untuk melatih pemikiran individu seintensif mungkin untuk mendorong kearah pemikiran yang beraneka ragam. Karena kebutuhan kita yang pokok adalah bersifat pribadi di tengah berkecamuknya kebudayaan massal untuk mempertahankan kebebasan pribadi.
2.     Gagasan kepercayaan bahwa proses pendidikan terhenti pada masa kedewasaan dimulai. Banyak sekali orang setelah selesai SMA langsung melupakan ilmunya, dan tidak menerapkan ilmu yang didapatnya
3.     Gagasan suatu gambaran yang salah bahwa proses belajar dan mengajar  haruslah memperlihatkan hasil yang segera, yang membawa keuntungan dan membawa kita kearah keberhasilan. Ini menyebabkan ketidaksabaran dari seseorang yang ingin semuanya serba instan. Karena pendidikan merupakan investasi sejak dini yang ditanam dan nantinya akan dituai.
Jadi suatu kesalahan jika orang kaya lebih hebat dari orang yang berilmu.
Nyatanya orang berilmu pasti mudah mencapai suatu kekayaan, dan orang kaya tanpa ilmu, tak tahu cara menjaga dan mengolah hartanya sehingga lama kelamaan akan habis.

3. Hambatan yang disengaja
            Terdapat mereka yang  mencanangkan bahwa sekumpulan pengetahuan tertentu harus dimusnahkan atau dibatasi hingga menjadi sangat rahasia.  Ini bukan disebabkan karena fakta-fakta yang dikemukakannya keliru atau rasa takut pengetahuan itu akan  mempengaruhi moral orang yang tidak bertanggungjawab. Namun, disebabkan bahwa jika hal itu diketahui orang secara luas, pengetahuan itu akan bahaya bagi golongan, organisasi politik, organisasi agama atau organisasi sosial tertentu.
            Ketika Galileo melakukan penelaahan berdasarkan penemuan Copernicus, mengemukakan bumi bukanlah pusat jagat raya, Ia lalu dipenjarakan, diancam dengan siksaan dan dikutuk untuk menarik kembali pernyataan tersebut sambil berlutut.  Ia menarik pernyataan tersebut , tetapi dia akan menggumamkannya dalam benak matematisnya.
            Selama abad kesembilan belas Rusia berusaha untuk  melenyapkan  bahasa dan kesusastraan  Polandia, dan melarangnya untuk diajarkan. Dan nyatanya sekarang Polandia masih memakai bahasa resmi Polandia.
            Sejarah ini menunjukan akhirnya pemikiran selalu menang terhadap mereka yang mencoba membatasi atau menghapuskannya.

            Karena pemikiran itu penting , walaupun tidak sempurna namun menakjubkan, bersifat unik dari tiap-tiap pribadi, yang membawa kearah kebijaksanaan.

Comments

Popular posts from this blog

Bahasa Inggris Outline about Vigilant Paper of Wrapping Food

Makalah Bahasa Inggris Nama                       : Delvi Tiara Anjani ( 3115154531)                            Yuni Septiana         ( 3115154537) Kelas              : Pendidikan Matematika C 2015 Program Studi : Pendidikan Matematika Fakultas          : Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Jakarta Vigilant Paper of Wrapping Food In everyday life we often see and find the use of paper as a packaging food that is considered only as a wrapper and protective. But not all paper is safe for food packed. It's important for us to know the good and bad use of wrapping paper as a ...

Landasan Pendidikan "IPTEK"

ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI TUGAS LANDASAN ILMU PENDIDIKAN DISUSUN OLEH : MUALIM ( 3115153587 ) YUNI SEPTIANA ( 3115154537 ) PRODI : PENDIDIKAN MATEMATIKA C 2015 FAKULTAS: M ATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA KATA PENGANTAR        Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena dengan rahmat, karunia, serta taufik dan hidayah-Nya kami dapat menyelesaikan makalah mengenai Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) ini dengan baik meskipun banyak kekurangan didalamnya. Dan juga kami berterima kasih pada Bapak Cecep Kustandi selaku dosen mata kuliah Ilmu Pendidikan yang telah memberikan tugas ini kepada kami sehingga pengetahuan kami bertambah.        Kami sangat berharap makalah ini dapat berguna dalam rangka menambah wawasan serta pengetahuan kami mengenai isi mengenai Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK). Semoga makalah sederhana ini dapa...

Olimpisme "SEJARAH, FILOSOFI DAN NILAI-NiLAI OLIMPIADE "

SEJARAH, FILOSOFI DAN  NILAI-NiLAI OLIMPIADE Mengapa ? Olimpiade begitu populer di dunia ? Sehingga istilah “olimpiade” tidak saja digunakan sebagai wahana kompetisi olahraga antar negara tingkat dunia,tapi juga di gunakan untuk kegiatan lain yang bergengsi mis : olimpiade sain,budaya, dll Menjadi  peserta olimpiade dan juara olimpiade  merupakan impian dan target setiap di dunia? Setiap negara sangat ingin dan mengharapkan sebagai Penyelenggara olimpiade ? Karena .. § Olimpiade memiliki nilai yang begitu tinggi yang menunjukkan kualitas puncak prestasi sebuah bangsa / negara / individu manusia . § Penyelenggaraan olimpiade dilandasi oleh niat yang mulia memujudkan perdamaian dunia melalui penerapan filosofi kehidupan universal. Semua itu diakui oleh bangsa-bangsa di dunia § Setiap penyelenggaraan olimpiade akan meninggalkan kesan,kenangan,pengetahuan , pengalaman   yang mendalam dan positif bagi...